Senin, 21 April 2014

Pengalaman Organisasional

Dulu pada waktu bersekolah, saya banyak mengikuti kegiatan organisasi yang bermanfaat.

Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya dalam berorganisasi. 

Pada saat saya masih duduk di Sekolah Dasar, saya sudah bergabung dalam kegiatan berorganisasi yaitu organisasi di kelas. Saya pernah menjabat sebagai ketua kelas, wakil ataupun sekretaris kelas. Tidak tahu juga kenapa saya selalu dipilih oleh teman-teman sekelas saya, mungkin bagi mereka saya termasuk orang yang bertanggung jawab besar, hehe. Selain itu, saya juga pernah masuk dalam tim sepak bola di sekolah, walaupun hanya sebagai pemain cadangan. Dalam kegiatan pramuka, saya juga dipilih sebagai ketua di dalam regu saya, waktu itu bernama regu Elang. 

Lalu, ketika saya duduk di bangku SMP, saya juga ikut dalam berbagai macam organisasi. Di saat duduk di bangku kelas 7 SMP, saya mencoba mengikuti 3 kegiatan baru. Yang pertama, saya mengikuti kegiatan yaitu sebagai anggota PMR di sekolah, tetapi saya tidak lama dalam mengikuti kegiatan PMR, karena terlalu banyak siswa perempuannya daripada siswa laki-lakinya jadi saya memutuskan untuk keluar dari anggota PMR sekolah. Kegiatan kedua yang saya ikuti adalah sebagai anggota voli. Pada kegiatan ini saya hanya mengikutinya sebagai kegiatan ekskul, belum masuk ke dalam tim voli di sekolah karena masih terlalu baru dan belum terlalu bisa dalam bermain bola volinya. Pada kegiatan voli ini saya mengikutinya sampai saya duduk di bangku kelas 9 SMP. Kegiatan yang terakhir, saya mengikuti kegiatan rohani islam atau biasa disebut juga dengan rohis. 

Selanjutnya, ketika duduk di bangku SMA, saya melanjutkan kegiatan yang telah saya ikuti sejak SMP yaitu voli. Alhamdulillah, pada akhirnya saya sudah bisa masuk ke dalam anggota tim voli. Pelatih saya sangat bijak dalam pertandingan, ia selalu melakukan rotasi pemain agar kita bisa berlatih mental pada saat menghadapi lawan.
Saya sangat menyukai dan selalu mengikuti kegiatan yang jenisnya olahraga.
Dan kegiatan yang masih saya ikuti juga pada waktu duduk di bangku SMA yaitu rohis. Walaupun jarang datengnya.

Manfaat-manfaat yang saya dapat dalam mengikuti kegiatan berorganisasi adalah :
1. Menambah wawasan.
2. Menambah pengalaman dan pembelajaran.
3. Disiplin.
4. Bertanggung jawab.
5. Bersosialisasi.
6. Melatih diri sebagai pemimpin (leadership).
7. Mandiri.

Itulah beberapa pengalaman organisasi yang saya ikuti pada waktu di sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar