Senin, 12 Mei 2014

Lukas Podolski


Nama Lengkap: Lukas Podolski

Tempat Lahir: Gliwice

Tanggal Lahir: 06 April 1985 (29 Tahun)

Kebangsaan: Jerman

Klub: Arsenal

Posisi: Penyerang

No Punggung: 9

Tinggi: 182 cm

Lukas Josef Podolski adalah pesepakbola profesional asal Jerman yang lahir pada 4 Juni 1985. Sebelum bermain menjadi pesepak bola profesional, sebelumnya, Podolski adalah pemain bola tangan untuk tim nasional Polandia di kota kelahirannya, Gliwice.

Ketika berumur 2 tahun, Podolski dan keluarganya bermigrasi dari Polandia ke Jerman Barat dan mendapat hak sebagai warga negara Jerman karena kakek-neneknya yang memiliki darah keturunan Jerman. Sejak saat itu, Podolski mempunyai 2 kewargaranegaraan, meski dia mengaku tidak memiliki paspor Polandia. Podolski menuturkan bahwa asisiasi sepak bola Polandia tidak pernah memberi perhatian kepadanya sampai dia akhirnya bermain untuk tim nasional Jerman U-21.

Di usia 6 tahun, Podolski bermain dengan tim junior FC Bergheim hingga dia bergabung bersama 1. FC Köln pada tahun 1995. Di klub 1. FC Köln inilah bakat dan kemampuan sepak bola Podolski mulai tampak.

Di tahun 2003, ketika klub mengalami degradasi di Bundesliga, bos klub saat itu, Marcel Koller, mengajak Podolski untuk berlatih dan bermain bersama tim senior, walaupun saat itu Podolski masih tergabung bersama tim junior. Debutnya bersama tim senior pada 22 November 2003. Walaupun Köln masih belum berhasil mendapat tempat di divisi kedua, Podolski tetap menunjukan permainan bagus dengan mencetak 10 gol di 19 pertandingan.

Pada saat itu, Podolski sudah mendapat tawaran untuk bermain bersama tim nasional senior di turnamen Piala Eropa 2004, namun Podolski lebih memilih untuk bermain bersama Köln untuk terus mempromosikan klubnya. Tim nasional Jerman tetap menganggap Podolski adalah bagian mereka walaupun belum sempat bermain bersama skuad.

Di musim 2005-2006, Köln mengalami degradasi lagi, hal ini yang membuat Podolski hengkang dari klub.

Pada 1 Juni 2006, Podolski secara resmi bermain bersama Bayern Munich setelah menjadi rebutan klub-klub ternama seperti Liverpool, Hamburg, Werder Bremen dan Real Madrid. Podolski mendapatkan kesempatan debut di Bundesliga pada 11 Agustus 2006, dimainkan di menit ke-88 pertandingan.

Di akhir November 2006, Podolski mengalami cedera di pergelangan kaki kanannya di sesi latihan regurler Munich. Alhasil, Podolski melewatkan 5 pertandingan. Ketika Munich membeli pemain baru, Podolski pun jarang mendapat kesempatan bermain. Sejak saat itu, Podolski memutuskan untuk kembali bermain bersama Köln pada 1 Juli 2009.

Di sisa musim bersama Köln, Podolski hanya mampu mencetak 3 gol. Walaupun prestasi klub belum mengalami peningkatan, Podolski dengan apik mencetak gol sebanyak 18 di 29 pertandingan Bundesliga.

Di musim 2012-2013, Podolski resmi bergabung dengan Arsenal dengan jangka wakut kontrak yang diperkirakan cukup panjang. Dia mulai bermain bersama Arsenal di pertandingan pra-musim melawan mantan klubnya Köln, dengan hasil akhir 4-0 disumbang oleh 2 gol darinya. Podolski bermain di Liga Premier pada 18 Agustus 2012, dimainkan di menit ke-63. Gol pertamanya untuk Arsenal adalah pada 2 September 2012 ketika melawan Liverpool di Anfield.

Di musim 2013-2014, Podolski mencetak gol pertama di musim itu di laga kandang menlawan Fulham dengan kemenangan 3-1.

Sepak terjangnya di Timnas Jerman sudah dimulai di usianya yang ke-19 tahun melawan Hungaria pada 6 Juni 2004.

Di turnamen Piala Eropa 2008, Podolski berkontribusi dengan baik bersama rekan skuad Jermannya. Di partai final, Jerman masih belum bisa menyabet piala kemenangan.

Di Piala Dunia tahun 2010, Podolski mencetak 2 gol pembuka untuk Jerman. Podolski juga menyumbangkan tenaga untuk Timnas Jerman di Piala Eropa 2012. Podolski menduduki peringkat ke-3 di daftar pemain dengan caps terbanyak bersama tim nasional yaitu 111 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar