Senin, 02 Desember 2013

Bakpia

Ini adalah salah satu oleh-oleh favorit saya. 


Sudah bukan rahasia umum jika Yogyakarta memiliki makanan dan oleh-oleh khas. Yogyakarta memang istimewa termasuk keragaman oleh-oleh. Sejauh melangkah dan berkeliling di seluruh kota Yogyakarta belum terasa lengkap jika tidak membawa sesuatu untuk keluarga kita dan saudara di rumah, sebagai oleh-oleh dari Kota Yogyakarta.

Semua orang pasti mengenal yang namanya bakpia, yaitu makanan atau cemilan yang bentuknya bulat kecil di dalamnya berisi kacang hijau, dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa gurih dipadu dengan rasa isinya, jika dimakan ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Bedanya Bakpia Pathok bentuknya lebih kecil dan lebih lembut jika dikunyah. Saat ini isi bakpia tidak hanya berisi kacang hijau. Tapi ada isi cokelat, ketan hitam bahkan keju.

Sedikit tips dari saya untuk membeli bakpia, minta pada penjual untuk mencicipi dan memastikan baru tidaknya makanan ini. Jika dikunyah dan ditekan masih lunak dan mudah hancur saat di kunyah, artinya masih layak konsumsi dan tahan lama untuk dibawa pulang.

Sebaliknya jika agak keras, sebaiknya tidak usah dibeli karena kemungkinan buatan lama dan kurang layak untuk dikonsumsi karena sudah kadaluarsa. Makanan ini sebaiknya dikonsumsi maksimal 3 hari dari pembuatan. Lebih dari itu sebaiknya jangan dimakan karena rasanya sudah tidak nikmat lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar